Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Infinix Hot 12i : Hape Murah dengan Baterai Besar dan Layar Luas!

Review Infinix Hot 12i

Infinix Hot 12i resmi hadir di Indonesia pada April 2022 dan menjadi tambahan lini seri Hot dari produsen asal Hong Kong, Infinix. Dibandingkan dengan versi regulernya, Infinix Hot 12i adalah varian yang lebih sederhana dan memiliki harga yang lebih terjangkau yaitu sekitar Rp1,5 jutaan.

Meskipun demikian, Infinix Hot 12i tetap menawarkan beberapa fitur unggulan seperti desain yang megah dan kapasitas baterai yang cukup besar untuk kelas harganya. HP ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5000 mAh yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan HP secara intensif dalam jangka waktu lama.

Selain itu, Infinix Hot 12i juga dilengkapi dengan fitur Cinematic DTS Audio Processing yang mampu meningkatkan kualitas suara menjadi lebih baik. HP ini juga memiliki fitur Power Marathon yang dapat meningkatkan daya tahan baterai hingga 25%. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur penghematan daya baterai dengan 8 pengaturan utama yang telah disediakan.

Infinix Hot 12i cocok digunakan untuk aktivitas berat seperti bermain game atau menonton film, dengan kualitas suara yang memukau dan daya tahan baterai yang baik. Dengan harga yang terjangkau, Infinix Hot 12i tentu menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memiliki smartphone dengan fitur yang lengkap namun tetap hemat biaya.

Dalam ulasan Infinix Hot 12i oleh tim Carisinyal, HP ini mendapat nilai yang cukup baik dan disebutkan sebagai salah satu smartphone entry-level yang cukup kompetitif di pasaran. Meskipun Infinix Hot 12i memiliki kekurangan seperti tampilan layar yang kurang tajam dan performa yang tidak secepat varian regulernya, namun untuk harga yang ditawarkan, HP ini tetap menjadi pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan.

Apa saja Isi dalam box Penjualan?

Infinix Hot 12i adalah sebuah smartphone yang datang dalam kemasan berwarna hijau dengan tulisan "HOT 12i" yang besar hampir mengisi setengah ruang. Di dekat tulisan tersebut terdapat tulisan "FAST AND FUN" yang timbul dengan warna yang sama. Tulisan tersebut hanya terlihat dengan cahaya yang pas.

Dalam kemasan tersebut terdapat satu unit Infinix Hot 12i yang telah dilapisi anti gores, buku manual, SIM ejector, case transparan, One X-Gold berbentuk seperti uang, dan kepala charger beserta kabel data.

Review Desain infinix Hot 12i

Infinix Hot 12i memiliki desain yang menarik dan terlihat elegan dengan aksen garis halus yang samar-samar. Bodinya memiliki warna trendi yang dilengkapi dengan gradasi halus dari atas ke bawah yang memberikan kesan muda dan semangat. Pada bagian belakang, Infinix Hot 12i memiliki modul kamera dengan tiga susunan kamera secara vertikal dan lampu flash di sampingnya serta sensor sidik jari di tengahnya yang cukup mudah dijangkau dan memiliki respon yang cepat.

Pada bagian depan, Infinix Hot 12i memiliki layar waterdrop sebagai tempat untuk kamera selfie yang juga berfungsi untuk mendukung fitur face recognition. Fitur ini mampu berfungsi dengan baik dan memberikan respon yang cepat dalam mengenali wajah sehingga proses membuka HP menjadi lebih cepat.

Bodi HP ini cukup nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama dengan bodot yang berada di angka 190g dan dimensi 164,8 x 76,4 x 8,75 mm. Permukaan belakang HP ini tidak terlalu licin dan sangat sedikit meninggalkan jejak sidik jari, bahkan hampir tidak terlihat.

Meskipun Infinix Hot 12i masih menggunakan USB 2.0 dan tombol volume dan power ditempatkan di sisi yang sama, desainnya tetap memberikan kesan rapi dan bersih. Secara keseluruhan, Infinix Hot 12i merupakan HP kelas murah yang memiliki desain dan tampilan yang menarik dan memberikan pengalaman penggunaan yang terbaik.

Antarmuka Sistem Operasi Infinix hot 12i

Infinix Hot 12i adalah ponsel terbaru dari Infinix yang dirilis pada tahun 2022. Ponsel ini hadir dengan antarmuka XOS 7.6 atau XOS Dolphin v7.6.0 berbasis Android 11. Namun, untuk memperbarui ke Android 12, pengguna harus melakukan pembaruan secara manual.

Antarmuka XOS 7.6 yang dimiliki oleh Infinix Hot 12i memiliki banyak fitur yang menarik dan keunggulan sendiri. Misalnya, antarmuka ini memiliki mode Dark Theme yang memungkinkan pengguna untuk menghemat daya baterai dan melindungi mata dari cahaya biru.

Selain itu, XOS 7.6 juga menyediakan beberapa fitur kustomisasi seperti pengaturan tema, font, wallpaper, dan ikon. Ada juga fitur pintar seperti Smart Panel dan Smart Awake yang memudahkan pengguna dalam mengakses aplikasi dan fitur dengan cepat.

Namun, pengguna juga perlu waspada dengan adanya software bloatware yang telah terinstal secara otomatis di Infinix Hot 12i. Software bloatware biasanya tidak berguna dan hanya memakan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja ponsel. Oleh karena itu, pengguna perlu melakukan penghapusan bloatware untuk meningkatkan performa ponsel.

Aplikasi Bawaan

Beberapa aplikasi bloatware yang terpasang pada perangkat Android merupakan aplikasi dari Google, seperti Files, Foto, Gmail, Maps, dan sebagainya. Selain itu, ada juga aplikasi bawaan dari HP itu sendiri seperti Xclub, YoParty, Xshare Mini, dan lainnya.

Setelah melakukan set up, pengguna dapat mengecek informasi penyimpanan di pengaturan dan menemukan bahwa ROM memakan cukup banyak kapasitas storage, yaitu hingga 23% dari total kapasitas memori internal sebesar 64 GB. Namun, HP masih menyediakan kapasitas sebanyak 48,69 GB untuk menginstal aplikasi, menyimpan file, dan sebagainya.

Untungnya, sebagian besar aplikasi bawaan ini masih bisa dihapus dan dinonaktifkan untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan, pengguna dapat memperoleh ruang penyimpanan yang cukup besar untuk menginstal aplikasi dan menyimpan file penting.

Tampilan Home Screen Infinix hot 12i

Pada tampilan Home Screen, pengguna dapat melihat daftar aplikasi yang tersedia dan dapat digulir ke samping. Untuk melakukan kustomisasi, pengguna dapat melakukan tap and hold pada aplikasi yang ingin diubah.

Selain itu, terdapat fitur pencarian cepat aplikasi yang dapat diakses dengan melakukan gerakan usap layar dari atas ke bawah di bagian tengah layar. Setelah itu, pengguna dapat mengetikkan nama aplikasi yang ingin dicari pada kolom pencarian yang tersedia.

Jika ingin melihat semua aplikasi yang tersedia, pengguna dapat melakukan gerakan usap layar dari bawah ke atas untuk membuka menu aplikasi. Dari sini, pengguna dapat mencari aplikasi yang diinginkan atau mengatur ulang aplikasi pada tampilan Home Screen.

Dengan fitur pencarian cepat dan kustomisasi aplikasi, pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengakses aplikasi yang mereka butuhkan pada perangkat mereka.

Tampilan Quick Setting Infinix hot 12i

Saat melakukan usap layar dari bagian atas pada layar ponsel, pengguna dapat mengakses quick setting yang menampilkan sejumlah notifikasi dan menu pengaturan cepat seperti Wi-Fi, data seluler, Bluetooth, mode getar, dan lampu senter. Selain itu, pengguna juga dapat menemukan menu pengaturan lainnya dengan mengusap ke bawah dan ke samping.

Antarmuka juga dilengkapi dengan berbagai fitur bawaan, seperti Anti Intip, Peringatan Pencurian, Pacu Daya, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penggunaan ponsel.

Aksi dan Gestur

XOS 7.6 memiliki antarmuka yang dilengkapi dengan berbagai fitur aksi dan gestur yang sangat bermanfaat. Beberapa fitur aksi dan gestur tersebut dapat ditemukan di menu pengaturan sebagai tambahan fitur.

Salah satu fitur gestur yang sangat membantu adalah Gestur Musik. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengontrol musik yang sedang dimainkan bahkan dalam keadaan layar mati. Pengguna dapat mengusap ke kiri untuk beralih ke sebelumnya, usap ke kanan untuk beralih ke musik selanjutnya, usap ke atas untuk berhenti atau pause, dan usap ke bawah untuk memutar lagunya kembali.

Fitur Balik dan Senyapkan memungkinkan pengguna untuk menyenyapkan nada dering panggilan yang masuk dengan hanya membalikkan HP. Fitur ini sangat membantu ketika ada telepon di saat waktu yang tidak tepat.

Fitur Angkat ke Telinga memungkinkan pengguna untuk menerima telepon yang masuk dengan hanya mengangkat HP ke telinga. Sedangkan Layar Pintar Menyala adalah fitur yang akan secara otomatis menyalakan layar saat HP diangkat.

Fitur Jawab Telepon dengan Gestur memungkinkan pengguna untuk mengangkat atau menolak panggilan dengan menggunakan gerakan gestur. Untuk mengangkat telepon, pengguna dapat melakukan gerakan gestur seperti peace, dengan mengangkat jari telunjuk dan jari tengah, menghadap kamera depan. Sedangkan untuk menolak panggilan, pengguna dapat merentangkan kelima jari di atas kamera depan.

Secara keseluruhan, fitur aksi dan gestur yang dimiliki oleh XOS 7.6 sangatlah bermanfaat dan memudahkan penggunaan HP.

Pengambilan Screenshot dan Screen Recording

Infinix Hot 12i merupakan smartphone yang memiliki berbagai fitur menarik, salah satunya adalah kemudahan dalam pengambilan screenshot. Selain menggunakan tombol power dan volume secara bersamaan, Infinix Hot 12i juga memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot menggunakan gestur yang dapat mempermudah pengambilan gambar layar.

Dengan menggunakan gestur, pengguna hanya perlu menempelkan telapak tangan pada layar smartphone dan geser ke bawah untuk mengambil screenshot. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan satu tangan tanpa harus menggunakan tombol atau kombinasi tombol tertentu.

Selain fitur screenshot yang mudah diakses, Infinix Hot 12i juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik lainnya seperti kamera dengan resolusi tinggi, baterai yang tahan lama, dan tampilan layar yang besar dan jernih. Semua fitur-fitur ini menjadikan Infinix Hot 12i sebagai pilihan yang menarik bagi pengguna yang menginginkan smartphone yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Mengambil tangkapan layar dengan 3 jari

Untuk mengambil screenshot pada HP, dapat menggunakan gestur dengan mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari. Setelah mengambil screenshot, dapat meninjau hasil tangkapan layar dengan memasukkan doodle, mosaik untuk menyensor, atau membagikannya. Selain itu, HP juga dapat melakukan perekaman layar dengan fitur screen recording yang terdapat pada quick setting di bagian atas tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Perekaman layar

Untuk merekam layar pada HP, terdapat opsi untuk merekam tanpa suara dengan memilih perekaman layar hening, atau merekam layar beserta suaranya dengan memilih perekaman layar bersuara. Selain itu, dapat memilih kualitas video yang diinginkan, mulai dari rendah, sedang, atau tinggi.

Fitur Screen Unlock (Rear-Mounted Fingerprint dan Face Unlock)

Infinix Hot 12i merupakan HP murah dengan fitur screen unlock yang cukup menarik, karena tidak hanya menggunakan sensor sidik jari tetapi juga bisa menggunakan face unlock atau sensor pengenalan wajah. Namun, pengguna perlu mengaktifkan gestur Layar Pintar Menyala agar fitur face unlock ini dapat berfungsi dengan maksimal. Fitur Layar Pintar Menyala akan membuat HP Infinix Hot 12i secara otomatis menyala ketika diangkat dan otomatis mengidentifikasi wajah pengguna untuk membuka kunci layar.

Dengan menggunakan fitur face unlock, membuka kunci layar Infinix Hot 12i akan lebih cepat dan efektif. Hal ini dikarenakan sensor pengenalan wajah ini bekerja dengan cepat dan cukup akurat, sehingga pengguna tidak perlu lagi menekan tombol atau menggunakan sensor sidik jari untuk membuka kunci layar. Meskipun HP Infinix Hot 12i merupakan HP murah, tetapi dengan fitur face unlock, pengguna akan mendapatkan pengalaman penggunaan HP yang lebih praktis dan mudah.

Fitur Anti Intip

Infinix Hot 12i memiliki fitur anti intip yang dapat menyamarkan layar agar tidak bisa dilihat secara keseluruhan. Fitur ini sangat membantu dalam penggunaannya dan dapat diakses melalui quick setting di bagian atas. Pengguna dapat mengatur bagian mana yang ingin diperlihatkan dan tidak, serta mengatur tingkat kegelapan untuk menutupi layar bagian lainnya.

Mode Satu Tangan Infinix hot 12i

Infinix Hot 12i hadir dengan fitur mode satu tangan yang dapat diaktifkan melalui quick setting di bagian atas. Fitur ini memungkinkan layar HP untuk mengecil ke bagian pojok kanan atau kiri, sehingga dapat dijangkau dengan ibu jari saja. Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin menggunakan HP dengan satu tangan.

Menu Dalam Game Infinix hot 12i

Infinix Hot 12i memiliki fitur in-game yang dapat diakses dengan cara mengusap layar di ujung kiri. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat beberapa informasi dan menu, seperti performa CPU dan GPU. Selain itu, pengguna juga dapat mengakses aplikasi seperti Google Chrome atau Whatsapp tanpa harus keluar dari game.

Selama bermain game, terdapat beberapa fitur yang tersedia, seperti tangkapan layar, rekam layar, pembersihan, dan pemblokiran panggilan telepon dan pesan yang masuk. Dengan demikian, pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman bermain game mereka tanpa terganggu oleh pesan atau panggilan yang masuk.

Performa

Infinix Hot 12i harus lebih berhati-hati dalam memilih jargon produknya karena jargon "fast and fun" yang dimilikinya belum tepat untuk mencapai kata "fast" karena chipsetnya menggunakan Helio A22 yang merupakan salah satu chipset dengan performa rendah milik MediaTek. Helio A22 ini menggunakan konfigurasi prosesor quad-core dengan clock speed 2 GHz dan didukung oleh kartu pengolah grafis PowerVR GE8320 yang memiliki frekuensi 660 MHz. Sebagai salah satu chipset dengan performa rendah, Infinix Hot 12i tidak disarankan untuk bermain game berat, namun masih bisa digunakan untuk aktivitas ringan sehari-hari. Infinix Hot 12i memiliki kapasitas penyimpanan yang luas yaitu 64 GB dan RAM 4 GB yang masih bisa diperluas dengan fitur Extended RAM. Dalam pengujian, Infinix Hot 12i masih layak digunakan untuk aktivitas ringan seperti browsing, membuka aplikasi, menonton, dan bermain game ringan seperti Candy Crush dan Alto. Namun, Infinix Hot 12i tidak menjamin kenyamanan selama bermain game Mobile Legend.

Benchmark AnTuTu v9 dan Geekbench Infinix hot 12i

Infinix Hot 12i adalah HP entry-level yang menggunakan chipset Helio A22 yang dianggap sebagai salah satu chipset terendah dari Helio. Karena itu, tidak mengherankan jika skor yang dihasilkan dari pengujian benchmark seperti AnTuTu atau Geekbench sangat rendah. Pada pengujian AnTuTu v9, HP ini hanya mencapai skor 99.346 poin, bahkan tidak mencapai 100 ribu. Sedangkan pada pengujian Geekbench, HP ini hanya mencapai skor 149 poin untuk single-core dan 403 poin untuk multi-core.

Meskipun memiliki kapasitas memori internal sebesar 64 GB dan slot microSD untuk perluasan penyimpanan, kecepatan baca dan tulis sistem juga dipengaruhi oleh kecepatan memori internal. Tim Reeviewe telah melakukan pengujian kecepatan storage pada Infinix Hot 12i sebanyak 10 kali menggunakan AnTuTu v9. Dari 10 hasil pengujian tersebut, skor terbaik yang berhasil diraih oleh HP ini adalah 10.226 poin dengan kecepatan baca dan tulis sekuensial sebesar 295,5 MB/detik dan 141,6 MB/detik. Sedangkan hasil terendah yang diraih adalah 8.031 poin dengan kecepatan baca dan tulis 294 MB/detik dan 139,3 MB/detik.

Secara keseluruhan, Infinix Hot 12i memiliki kinerja yang kurang memuaskan karena menggunakan chipset yang tidak terlalu tangguh. Meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar, kecepatan baca dan tulis sistem masih dipengaruhi oleh kecepatan memori internal.

Review Layar infinix hot 12i

Infinix Hot 12i memiliki layar yang megah atau besar dengan ukuran 6,6 inci dan bezel tipis di sekelilingnya, sehingga memberikan kesan luas. Layar ini memiliki resolusi 720 x 1612 piksel atau HD+ dengan kerapatan piksel 267 ppi, panel IPS LCD, dan mendukung refresh rate 60 Hz dengan tingkat kecerahan 480 nit. Dalam penggunaannya, layar yang besar dan resolusi yang cukup memberikan kenyamanan saat menonton video baik di YouTube atau media lainnya, serta mudah untuk membaca isi layar HP meskipun saat berada di luar ruangan pada siang hari.

Review Audio infinix hot 12i

Infinix Hot 12i adalah HP yang tidak hanya memiliki tampilan layar HD, tetapi juga memberikan pengalaman audio yang sangat bagus di kelasnya. Meskipun hanya memiliki satu arah speaker atau mono speaker, suara yang dihasilkan cukup kencang bahkan jika hanya setengah dari volumenya. Namun, bagian yang lebih mengejutkan adalah ketika menggunakan headset, HP ini mampu menghasilkan suara yang sangat premium. Bahkan, menonton film di YouTube pun terasa seperti menonton bioskop karena suara bass dan efeknya yang sangat nendang. Teknologi Cinematic DTS Audio Processing yang didukung oleh Infinix Hot 12i mampu meningkatkan kekencangan dan kualitas suara yang dihasilkan, sehingga efek suara dari film, musik, atau game menjadi terasa lebih nyata dan menyenangkan bagi para penggunanya. Overall, HP ini memberikan pengalaman audio yang realistis dan berkualitas tinggi.

Ulasan Baterai Infinix hot 12i

Infinix selalu memberikan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan dengan HP lain di kelas yang sama. Infinix Hot 12i memiliki kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh, yang mampu bertahan selama 150 jam untuk mendengarkan musik, 34 jam untuk menelepon, atau 13 jam untuk bermain game. Bahkan, HP ini dapat bertahan hingga 62 hari pada mode siaga.

Meskipun digunakan untuk aktivitas ringan sehari-hari seperti browsing, menonton video, dan melakukan tes, baterai HP ini tidak habis setelah seharian digunakan. Namun, Infinix Hot 12i tidak memiliki fitur fast charging, sehingga waktu pengisian daya memerlukan waktu yang cukup lama. Ini menjadi hal yang disayangkan karena kapasitas baterai yang besar tidak dibarengi dengan fitur fast charging yang baik.

Kamera infinix hot 12i

Infinix Hot 12i adalah HP murah dengan harga 1 jutaan yang tidak menonjolkan keunggulannya di sektor kamera. Konfigurasi kamera yang dimilikinya cukup sederhana dan sesuai dengan kelas harganya. Meskipun dibekali oleh tiga kamera di bagian belakang, hanya kamera utamanya yang memiliki fungsi untuk memotret, yaitu 13 MP (f/1.8). Sedangkan dua kamera lainnya hanyalah kamera QVGA dan kurang berfungsi dengan baik. Kamera belakang dilengkapi dengan Dual LED Flash. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 MP dengan LED Flash dan kemampuan perekaman 1080p di 30 fps, sama seperti kamera belakangnya.

Kamera Utama

HP ini memiliki resolusi kamera utama sebesar 13 MP dengan bukaan f/1.8 yang tidak terlalu besar, sehingga hasil gambar mungkin tidak memuaskan. Pemotretan di siang hari juga tidak terlalu baik, terutama untuk menangkap pergerakan kendaraan yang seringkali menghasilkan bayangan di sekitarnya. Namun, untuk pemotretan di dalam ruangan pada siang hari, warna yang ditampilkan masih bisa dibilang cukup meskipun tidak memiliki detail yang tajam.

Pemotretan di malam hari bukanlah keunggulan dari HP ini karena resolusi kamera utama yang tidak terlalu besar. Meskipun demikian, kamera AI yang dimilikinya dapat mengaktifkan "tampilan malam" secara otomatis ketika objek yang diambil memiliki warna yang lebih gelap. Namun, hasil potret di jalan pada malam hari tampak tidak begitu jelas, detail gambar seringkali kabur, sehingga posisi HP harus benar-benar stabil. HP ini juga tidak memiliki mode khusus untuk pemotretan di malam hari.

Selfie dan Potrait

Kamera depan Infinix Hot 12i dapat menghasilkan foto bokeh dan dilengkapi dengan fitur Mode Cantik untuk menghaluskan warna dan tekstur pada kulit. Mode portrait selfie-nya menghasilkan gambar dengan blur yang cukup rapi, meskipun pada bagian tertentu terlihat sedikit kasar dan tidak terdeteksi secara halus bagian blur dan tidaknya. Masalah yang sama juga terjadi pada mode portrait untuk kamera belakang.

Perekaman video

HP ini dapat menghasilkan video berkualitas 1080p dengan 30 fps baik menggunakan kamera belakang atau kamera depan. Namun, karena tidak ada fitur stabilisasi gerakan, terkadang video yang dihasilkan dapat terlihat bergoyang. Meskipun demikian, warna yang dihasilkan cukup cerah untuk kedua jenis kamera.

Kesimpulan

Infinix Hot 12i adalah HP entry-level yang masuk dalam kelas HP murah. Meski begitu, Infinix selalu berusaha memberikan fitur yang lebih unggul dibandingkan dengan HP lain di kelas yang sama. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Infinix Hot 12i antara lain ukuran layar yang besar dan kapasitas baterai yang lebih besar. Selain itu, penyimpanan memorinya juga bisa diekspansi baik itu internal atau RAM.

Namun, untuk urusan performa dalam bermain game, HP ini belum didukung oleh chipset yang mampu bekerja lebih cepat untuk memainkan game favorit Anda, kecuali untuk game yang ringan. Harga Infinix Hot 12i yang terbilang murah, yaitu hanya berada di angka Rp1,5 jutaan saja, menjadi salah satu alasan penulis membenarkan hal tersebut.

Berikut ini adalah poin-poin kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Infinix Hot 12i:

Kelebihan:

  • Ukuran layar yang besar
  • Kapasitas baterai yang lebih besar
  • Penyimpanan memori bisa diekspansi baik itu internal atau RAM

Kekurangan:

  • Performa dalam bermain game masih kurang baik karena belum didukung oleh chipset yang cepat untuk memainkan game favorit Anda
  • Meski harga terbilang murah, namun performa yang ditawarkan masih belum sebanding.

Post a Comment for "Review Infinix Hot 12i : Hape Murah dengan Baterai Besar dan Layar Luas!"